Thursday, May 7, 2020

Cara Install Prestashop Pada Localhost XAMPP

Assalamualaikum, 
halo teman-teman pada kali ini saya akan memberikan tutorial  cara install prestashop versi 1.7 pada localhost XAMPP.

Langsung ke tata caranya ya: 
  1. Siapkan aplikasi XAMPP dan file Prestashop, disini saya pakai PHP versi 5.6.28 dan Prestashop versi 1.7.6.5
  2. File Prestashop yang telah diekstrak (jika masih dalam bentuk file .zip atau .rar) pada direktori yang telah ditentukan kemudian di pindahkan atau salin file prestashop ke folder htdocs pada direktori tempat menginstall xampp.

  1. Buka XAMPP Control Panel, kemudian klik Start pada tombol di samping Apache dan MySQL

  1. Setelah itu klik tombol Admin pada MySQL kemudian tunggu sampai browser terbuka dan tampil halaman phpMyAdmin. Kemudian buat database baru, disini saya membuat database dengan nama prestashop.
  1. Kemudian buka tab baru pada browser dan ketik alamat web http://localhost/nama_folder_prestashop , nama folder prestashop sesuaikan dengan nama folder anda tempat menyimpan file prestashop pada folder htdocs, kemudian tunggu beberapa saat sampai menampilkan halaman instalasi prestashop. Kemudian pilih Bahasa dan klik tombol Berikutnya.




  1. Kemudian centang pada bagian Saya setuju dengan syarat dan ketentuan diatas, setelah itu klik tombol Berikutnya.

  1. Jika terjadi error pada bagian Kompabilitas sistem, maka lihat Parameter PHP yang harus diset yang ditampilkan dan lihat Parameter PHP yang direkomendasikan. Kemudian lakukan dan ikuti parameter tersebut.

Cara Mengatasi Error Pada bagian Kompabilitas sistem :
  • Buka XAMPP Control Panel, kemudian klik tombol Config pada bagian Apache, kemudian pilih PHP (php.ini)
  • Kemudian tekan tombol Ctrl+F pada keyboard, lalu ketik Intl, lalu klik Find Next, setelah muncul tulisan ;extension=php_intl.dll maka hapus tanda titik koma (;) yang berada dibelakang tulisan tersebut.
  • Kemudian pada menu Find ketik realpath_cache_size, lalu klik Find Next, setelah muncul tulisan ;realpath_cache_size = 16k, maka ganti angka 16k dengan 5M dan hapus tanda titik koma (;) yang berada dibelakang tulisan tersebut.
  • Setelah selesai melakukan perubahan tadi, maka simpan perubahan tersebut dan tutup notepadnya. Kemudian kembali buka browser dan kembali ke proses instalasi prestashop tadi.

  1. Setelah melakukan troubleshooting yang mengikuti parameter rekomendasi tadi, restart dulu pada Apache dan selanjutnya klik tombol Refresh. Jika pada saat melakukan konfigurasi sesuai prosedur. Maka akan berhasil dengan tampilan seperti dibawah ini.
Kemudian klik Berikutnya.

  1. Setelah itu lakukan konfigurasi pada halaman informasi toko sampai selesai kemudian klik Berikutnya.
  1. Kemudian lakukan konfigurasi sistem untuk koneksi database, sesuaikan semua isian data dengan database pada localhost yang telah dibuat. Kemudian lakukan tes koneksi database dengan cara klik Test koneksi ke database sekarang! jika pengisian data sesuai database yang telah dibuat maka akan muncul status Berhasil terhubung ke database. Setelah itu klik Berikutnya.


  1. Setelah itu tunggu proses instalasi toko sampai selesai.
  1. Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul menu Kelola toko Anda dan Temukan toko Anda.
Dibawah ini adalah tampilan halaman dashboard toko online yang sudah jadi.


  1. Sebelum masuk ke halaman admin, maka harus merubah nama folder admin yang berada di direktori C:\xampp1\htdocs\prestashop, atau sesuaikan nama file prestashop dengan nama folder yang dibuat sebelumnya. Setelah itu rubah nama folder admin jadi nama apa saja, yang penting tidak mudah ditebak orang lain agar aman. Disini saya memakai nama folder pabos sebagai ganti nama folder admin. Kemudian hapus folder install, karena jika tidak dihapus akan muncul error seperti pada gambar dibawah ini.

  1. Setelah step 14 selesai, selanjutnya coba refresh halaman browser tadi. Jika sudah sesuai intruksi maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.
Kemudian masukan email dan password yang telah dibuat pada saat proses instalasi. Kemudian klik LOGIN.

  1. Dibawah ini adalah tampilan dashboard dari halaman administrator.

Pada halaman admin ini kita bisa mengkonfigurasi kebutuhan toko online kita sesuai kebutuhan.
Sampai disini proses instalasi Prestashop versi 1.7 telah selesai. Dan selamat berkreasi. :)
Salah dan kurangnya mohon maaf dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dengan baik dan bijak. Terimakasih

0 comments:

Post a Comment